This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

MEMAKNAI HARI KEMERDEKAAN DALAM LINGKUP SEKOLAH

MEMAKNAI HARI KEMERDEKAAN DALAM LINGKUP SEKOLAH


     Kemerdekaan berasal dari kata merdeka yang bermakna bebas dari tekanan, penjajahan, tidak dibatasi dan lain sebagainya (KBBI). Dulu sebelum Indonesia merdeka terdapat beberapa negara lain yang menjajah diantaranya ialah Belanda dan Jepang. Kedua negara tersebut menjajah Indonesia karena Indonesia kaya dengan rempah-rempah, tanahnya yang subur, iklimnya yang tropis dan lain-lain. Penjajahan yang berlarut-larut menculkan perlawanan dari rakyat Indonesia. Dari situ para pahlawan berjuang untuk mempertahankan bangsa Indonesia lewat berbagai cara meskipun dengan mempertaruhkan nyawanya sendiri demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

     Kemerdekaan Republik Indonesia telah diproklamasikan oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Perjuangan tidak lantas berakhir setelah kemerdekaan tersebut diproklamasikan. Perjuangan mempertahankan kemerdekaan bukanlah hal yang mudah. Perjuangan tersebut butuh dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu. Bagi pemuda-pemudi Indonesia wajib mendukung dan berpartisipasi atas perjuangan pahlawan-pahlawan bangsa dengan cara memperdalam ilmu pengetahuan demi menciptakan generasi yang handal. 

      Ada banyak cara yang dilakukan oleh warga Negara Indonesia untuk memeriahkan hari kemerdekaan Negara Indonesia. Mulai dari pengibaran bendera merah putih di puncak gunung, di dalam laut, bahkan beraneka macam lomba diselenggarakan di tingkat sekolah, RT/RW, desa, dan kabupaten. Di sekolah kita SMA Plus Miftahul Ulum, siswa dan siswi sedang merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 dengan meriah diantaranya menghias halaman, jalan di sekitar sekolah dan kelas serta mengadakan beberapa lomba seperti cerdas ceria, bercerita hari kemerdekaan, musik perkusi, tarik sarung, goal in bottle, dan spider squad. Fungsi dari semua itu, pertama untuk melatih kecerdasan dalam mengingat, kedua untuk terciptanya kebersamaan yang kokoh, melatih kekompakan antarsiswa. Dari semua itu kita dapat membuat pemuda-pemudi tetap semangat untuk memperjuangkan bangsa Indonesia dalam lingkup sekolah. Dari kegiatan itu pula dapat memacu semangat siswa untuk belajar lebih tekun lagi.

Oleh :
Putri Fairuz Diana Zain
Kelas XII-E